Lulusan Teknik Material dan Metalurgi Mau Kerja Dimana???

8 Bidang Kerja Lulusan Teknik Material / Metalurgi


Tulisan ini diambil dari lulusan S2 lulusan S2 Teknik Material ITB angkatan tahun 2012, semoga menjadi inspirasi bagi anda.

Lulusan teknik materia dan metalurgi saat ini menjadi sangat penting karena memiliki kesempatan untuk bekerja di bidang HIGH TECH yaitu perusahaan - perusahaan terdepan yang di dunia yang berusaha terus menerus berinovasi menjadi yang pertama kali menembus batasan teknologi di depan mata. Masak sih? Mengapa bisa demikian? Ilmu material yang lebih maju maka teknologi akan lebih maju dan orang - orang akan memiliki smartphone yang lebih canggih, konstruksi bangunan yang lebih kuat, tingkat pengobatan yang lebih canggih, komputer yang lebih cepat dan kapasitasnya lebih besar dan masih banyak lagi.

Salah satu contohnya adalah dengan cabang ilmu material yaitu biomimetics ,orang mampu menyaring air laut menjadi air bersih. Apa hebatnya??? Sebenarnya yang biasa saja adalah orang mendapatkan garam dari air laut. Tapi sangat susah untuk mendapatkan air bersih dari air laut. Maka dari itu peneliti mempelajari sistem pencernaan tubuh manusia dan menerapkannya pada suatu mesin yang dapat mengkonversi air laut menjadi air bersih. WOW! Masih banyak lagi contoh yang dapat kita pelajari dari ilmu material.

Namun di artikel ini tidak akan membahas mengenai itu. Anda akan terlebih dahulu mengetahui di bidang perusahaan apa sajakah Anda dapat bekerja jika menjadi lulusan teknik material / metalurgi. Akan disertakan pula contoh - contoh nama perusahaan besar yang pastinya Anda ketahui supaya menambahkan semangat Anda menekuni ilmu material atau sebagai referensi untuk memiliih ilmu material.

1. Olahraga 
Loh kok jadi atlit? Tentu saja bukan, maksudnya adalah perusahaan yang memproduksi peralatan olahraga seperti sepeda, skateboard, skiing dan lainnya. Hal ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi lulusan teknik material yang sangat menyenangi berolahraga. Selain itu, teknologi di dalam pembuatan alat olahraga juga tidak kalah bersaingnya dengan teknologi di bidang elektronik.

Salah satu material yang sekarang dikembangkan di bidang olahraga adalah komposit yang merupakan material campuran dari material seperti logam, polimer atau keramik. Komposit adalah material yang ringan namun mampu menghasilkan kekuatan yang lumayan dan material ini menjadi tren riset pada saat ini.

Belum lagi ada pengembangan hoverboard yaitu papan melayang yang dikembangkan oleh lexus dan hendo seperti gambar di atas. Hoverboard sekarang menjadi kenyataan! Berkat perkembangan ilmu material. Pengembangan teknologi inilah yang dilakukan oleh insinyur material. Masih banyak hal lagi yang bisa dilakukan oleh seorang lulusan teknik material di bidang olahraga.


2. Perminyakan dan Pertambangan
Bidang ini tentu saja tidak asing bagi kita semua dan banyak mahasiswa yang kepingin banget masuk dan bekerja di perusahaan - perusahaan seperti pertamina, conoco phillips, total, petronas. Umumnya Anda akan ditempatkan di lokasi yang sangat terpencil namun tidak perlu kuatir karena akan diimbangi oleh gaji yang besar, fasilitas yang sangat mewah dan banyak hal yang bisa didapatkan ketika bekerja di bidang ini.

Lulusan teknik material dapat menjadi seorang field engineer atau jika sudah mempunyai pengalaman maka dapat berkarir di bidang manajemen perusahaan minyak atau tambang tersebut.

3. Baja
Pertumbuhan pembangunan dan otomotif yang sangat memerlukan baja yang berkualitas menjadi pemicu industri baja untuk dapat terus berkembang di negeri kita yang tercinta ini. Dengan kapasitas produksi baja sebesar 4.43 juta ton per tahunnya dan ditambah dengan berdirinya Krakatau Posco dan penambahan kapasitas produksi baja jenis lainnya maka lulusan teknik material bidang logam sangat dibutuhkan.

Baja adalah kerjaan insinyur material dan hanya merekalah yang mengerti baja dengan sebenar-benarnya. Prospek bekerja di perusahaan baja juga lumayan baik dan layak dicoba.


4. Otomotif
Dalam mendesain sebuah kendaraan maka setiap spare part perlu dipertimbangkan dengan matang mulai dari material, karakteristiknya, dimensi dan presisinya.Perusahaan otomotif yang bisa dilamar adalah astra honda motor, toyota astra motor dan astra otoparts. Komponen mesin akan menjadi makanan sehari - hari dan 


5. Kedokteran dan Kesehatan
Mungkin ada yang awalnya ingin menjadi dokter namun tidak kesampaian maka ini adalah alternatif pilihan Anda. Penasaran pin terbuat dari material apa? Mengapa tulang bisa digantikan dengan logam? Logam seperti apa itu? Ilmuwan materiallah yang berkutat di dalam hal seperti ini dan tentu saja perkembangan dan inovasi di dalam bidang ini akan menjadi terobosan yang membantu orang banyak.

Pada dasarnya material yang dikembangkan adalah material yang tahan dan tidak berbahaya kepada tubuh manusia sehingga dapat diimplantasi ke tubuh manusia.

6. Elektronika dan Komputer
Yang menyukai elektro atau teknologi terkini maka bisa berpeluang memperoleh karir di perusahaan elektronik dan komputer. Material yang didalami adalah material elektronik dan sekarang ini ilmuwan banyak melakukan penelitian di bidang semikonduktor yang dapat menghantarkan listrik dengan efisiensi yang tinggi pada suhu tertentu.

7. Lainnya seperti:
Pabrik kimia, semen, alat musik yang berbahan dasar logam, pemesinan, pengecoran, pembentukan logam dan masih banyak lagi. Prospek lulusan teknik material atau metalurgi sangatlah cerah terlebih lagi tidak banyak lulusan teknik metalurgi yang ada di Indonesia sehingga Anda tidak salah jika sedang mengenyam pendidikan tersebut

8. Wirausaha
Salah satu faktor penentu pembangunnan Indonesia adalah jumlah entrepreneurnya dan tingkat keragaman jenis usaha yang dilakukan. Saya sangat menyarankan jika Anda memang ingin memajukan bangsa Indonesia maka bukalah usaha di bidang material seperti pemrosesan bijih tambang menjadi bahan baku yang dapat diekspor ke luar negeri atau diolah lagi di dalam negeri dan menjadi produk yang bernilai tinggi.
Masih banyak sekali peluang usaha di bidang pemrosesan logam di Indonesia ini seperti pabrik aluminium dan jenis paduan logam lainnya. Pabrik stainless steel saja baru akan didirikan oleh perusahaan asing asal RRC bernama China Metallurgical Group Corporation dan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2015 lalu. 

Anda adalah orang yang berbakat dan kiranya Anda bisa sukses di dalam menentukan bidang pekerjaan apa yang Anda minati ketika lulus dari jurusan teknik material atau metalurgi. Semoga sukses selalu!

Gimana sudah terfikir mau kerja dimana???


Sumber : http://tipskerjaindonesia.blogspot.co.id
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment