Tenaga Ahli yang Kurang di Indonesia

Insinyur Material & Metalurgi di RI Minim

Selain kelangkaan jumlah sarjana geologi, Indonesia ternyata juga mengalami kelangkaan lulusan Jurusan Teknik Material dan Metalurgi (JTMM). Bahkan jumlah lulusan ini di Tanah Air hanya mencapai separuh dari jumlah lulusan JTMM di Malaysia.

Demikian disampaikan seorang ahli material dan metalurgi sekaligus Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Sulistijono dalam Seminar Nasional Material dan Metalurgi (Senamm) yang berlangsung di ITS. 

Sulistijono menyampaikan, kebutuhan dunia terhadap insinyur di bidang material dan metalurgi cukup tinggi sementara angka insinyur bidang material dan metalurgi di Indonesia terbatas. Oleh karena itu, harapan untuk mengembangkan bidang ini melalui memperbanyak jumlah insinyur bidang tersebut menjadi hal yang perlu dilakukan. ''Dari per satu juta penduduk, Indonesia hanya memiliki 300 insinyur bidang material dan metalurgi yang sudah digabung dengan diploma dan sarjana,'' ujar Sulistijono, seperti dilansir dari ITS Online, Kamis (6/9/2012).

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor ITS Tri Yogi Yuwono memaparkan kondisi kekinian industri di Indonesia. Menurut Tri Yogi, banyak di antara perusahaan-perusahaan industri yang masuk dalam keadaan miris. "Mereka kehilangan semangat untuk berkarya, sehingga kalah bersaing dengan industri-industri asing. Dari terselenggaranya kegiatan ini muncullah harapan untuk meningkatkan daya saing industri," ungkap Tri Yogi.

Selain Sulistijono, salah satu pendiri JTMM ITS Muchtar Karo Karo pun didapuk sebagai pembicara. Tidak hanya itu kegiatan yang telah dihelat dua kali tersebut juga mengundang seorang pakar material dan metalurgi tingkat internasional Dah-Shyang Tsai dari National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Meski menjadi jurusan yang baru dan memiliki perkembangan pesat, Senamm diharapkan mampu menjadi fasilitas utama, yakni sebagai wadah untuk bertukar pengetahuan dalam penelitian dan kurikulum di bidang material dan metalurgi.

sumber: news.okezone.com

Baca Juga :
Teknik Material Metalurgi Adalah
Indonesia Terlalu Banyak mencetak Sarjana Sosial
Pentingnya ilmu material dalam membangun industi di indonesia
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment