Advance Materials of Metal


Sejak manusia berhasil menemukan besi sekitar 4.000 tahun yang lalu,masih butuh waktu ribuan tahun lagi sampai manusia mampu menguasai struktur dan kualitasnya. Aneka macam bentuk dan pengunaan telah diaplikasi dalam kehidupan. Termasuk teknologi mesin perang pada perang dunia ke2 telah mengunakan materi besi yang sudah dimodifikasi. Dalam dunia kedokteran besi mempunyai kendala apabila di gunakan sebagai benda asing dalam tubuh manusia. Kendalanyaadalah korosi dan kekuatannya. Dengan berjalannya waktu, telah berhasil digunakan bahan steinless sampai pada jenis titanium. Untuk memudahkan awam memahami aplikasinya,  adalah pengunaan bahan metal pada patah tulang. Sehingga tulang yang rapuh atau patah harus disanggah oleh bahan metal. Beda lagi plastik yang mudah dibentuk tetapi sangat tidak mempunyai kekuatan. Sehingga biasanya hanya digunakan sebagai bahan pembungkus biasa. Plastik mulai banyak digunakan sejak abad ke 20 dan terus pengunaannya makin meningkat. Tetapi apa yang terjadi bila ada bahan yang bersifat elastis tetapi lebih kuat dari besi ?
Ilmuwan saat ini telah menemukan bahan logam generasi ke tiga, yang disebut sebagai Liquidmetal Dan aplikasinya sudah mulai digunakan di banyak produk. Termasuk perusahaan Apple sudah mulai menggunakan bahan liquidmetal sebagai pembuka slot SIM-CARD. Di beritakan bahwa bahan ini jauh lebih ringan, elastis, kuat dan mudah dibentuk.
    Liquidmetal adalah nama patent hasil pengenbangan California Instiute of Technology. Jenis amorphous metal alloys. Amorpous dalam  bahasa Yunani kuno artinya tidak berbentuk. Kondisi itu bisa terjadi karena tidak terjadi bentuk kristal dan bentuknya menjadi tidak beraturan. Karena sifatnya amorphous, maka benda logam ini sangat mudah di bentuk seperti membuat plastik. Melihat sifat sifat logam jenis baru ini yang sangat banyak pengunaannya, maka bisa dipastikan bahwa kebutuhanan sangat luar biasa, Dari dunia luar angkasa, kedokteran, komputer, automobil, keperluan rumah tangga. Sungguh banyak dan luas sekali.




Yang menarik dari vidio diatas adalah, nilai bisnisnya dan kemampuan kita di Indonesia untuk memproduksi liquidmetal itu. 

"Negara yang menguasai benih pangan, maka meteka ang akan menjadi negara adidaya masa depan. Demikian juga, negara yang mampu menguasai bahan dasar masa depan, maka meteka pula yang akan Berjaya".



Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/dokter.kusmanto/liquidmetal-elastis-kuat-ringan-keras_551052a1a33311c739ba8141
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment